-->

Fungsi dan pengertian breast line di kapal

Posting Komentar
Tali breast alias breast line adalah tali yang berfungsi untuk merapatkan kapal ke dermaga. Ya, tali breast inilah yang menahan kapal sehingga tidak menjauh dari dermaga.
Pada umumnya—di kapal besar—bila cuaca bersahabat, cukup menggunakan dua tali breast. Namun ketika cuaca sedang buruk, maka otomatis harus ditambah tali breast extra.
Oyah, bila cuaca beneran tidak karuan, dan kapal membutuhkan tali breast extra, sebisa mungkin tali breast extra-lah yang terakhir dikirim ke dermaga. Dengan tujuan, walaupun talinya ditumpuk pada bolder yang sama, tali extra tidak akan susah dilepas lebih dahulu, pada saat kapal lego tali.
Biasanya, tali breast—jika kapal hendak sandar—dikirim ke dermaga setelah tali spring mengencang, alias kapal sudah merapat di dermaga.
Gambar dari: americanboating.org
Pernah jalan-jalan ke kapal, kan? Tali—dari kapal yang membentang ke bolder dermaga—yang posisinya di tengah-tengah antara tali tros dan tali spring, itu adalah tali breast.
Gulungan talinya atau disebut wind for breast line, juga terletak di bagian tengah mooring station. Dan posisi wind di kapal tentu berbeda-beda ya, Bos, jadi tinggal disesuaikan saja.
Well, ya... artikel ini memang admin tulis untuk pelaut pemula. Jadi, gambaran di atas hanyalah untuk dijadikan panduan agar sobat yang belum pernah bekerja di kapal memiliki bekal. Okhay?
Cukup sampai di sini aja ya, My Bos. Jangan lupa berlangganan artikel! So ketika admin menulis artikel terbaru, maka si Bos akan mendapatkan notifikasinya melalui email. Dan, tentunya bisa langsung dibaca. Siapa tahu—semoga saja—ada info menarik dari admin, toh?
Terima kasih, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu. Jayalah pelaut dan jayalah negeri ini.
OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter