-->

Penggunaan tali extra di kapal

Posting Komentar
Oke setelah membahas tali spring, tali breast, dan tali tros, maka kali ini admin akan menjelaskan tentang tali extra.
Yap, tali extra ini cukup penting juga untuk diketahui kegunaannya, agar dapat difungsikan sebaik mungkin.
Namanya tali extra, berarti tali bantuan; tali cadangan; tali pembantu; tali serep; atau apa pun namanya, tali extra tetap saja tali extra, yang digunakan jika hanya dibutuhkan.
Seperti kamu dan dia, digunakan jika hanya dibutuhkan. Eh....
Maafkan daku yang terlalu jujur.
Oke lupakan dan kembali fokus.
Gambar dari https://slideplayer.info
Oke, jadi pada fungsinya, tali extra ini adalah tali pembantu, yang digunakan untuk membantu tali utama. Di antaranya: digunakan untuk membantu tali spring, tali breast, dan tali tros. 
Jangan sampai menggunakan tali extra, tapi ternyata masih ada tali utama—tali yang menggunakan wind—belum digunakan!
Itu artinya, tali extra ini dikirim ke dermaga, jika memang tali utama telah dikencangkan. Namun, masih diperkirakan butuh tali pembantu.
Sekali lagi, jangan pernah mengirim tali extra terlebih dahulu daripada tali utama! Itu bisa mengacaukan pekerjaan Anda maupun pekerjaan petugas pelabuhan atau longshoreman.
Selalu diusahakan, bahwa tali extra diletakkan pada bolder yang bebas. Atau jika digabung dengan bolder tali utama di dermaga,  maka sedapat mungkin tali extra-lah yang akan dilepas lebih dahulu. Karena apa pun alasannya, tali extra harus berada di atas kapal sebelum semua tali dilego.
Pasti pernah melihat bahwa tali yang menggunakan wind, bisa diangkut atau ditarik ke atas dek dengan cepat dibanding dengan tali extra, bukan? 
Oleh karena itu, tali extra tidak boleh menjadi tali terakhir dihibob. Itu bisa sangat melelahkan, atau mungkin saja, tali tersebut masuk ke propeller.
Dan tentunya jika tali sudah menyatu dengan baling-baling, kapal tidak akan bisa berlayar. Kapal harus kembali sandar, kembali membayar pelabuhan, dan perjalanan tertunda. Kemudian harus bayar team teknis untuk menyelami tali di propeller. Untung, saja jika tidak ada kru yang tercelakakan.
Sebab itulah, jangan pernah lalai dalam menggunakan tali extra! Selalu perhatikan bahwa, tali extra tidak boleh digunakan untuk tali terakhir yang menambat ke dermaga. Ingat itu! Okay? Ini demi keselamatan, baik kru maupun kapal.
Baiklah, cukup sampai di sini dulu, semoga ulasan ini dapat memberikan sedikit pencerahan mengenai tali di atas kapal.
So, jangan lupa untuk melakukan subscribe melalui email, sehingga artikel terbaru dari admin bisa Anda baca dengan segera sesaat setelah diposting.
Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam damai di laut. 
OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter