-->

Pengertian dan penggunaan tali spring di kapal

Posting Komentar
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu. Jumpa lagi, sama admin kece.
Cie... elah ngaku-ngaku!
Hehehe.
Yap, kali ini admin kece akan membahas tentang “tali spring” di kapal. Sebelumnya pernah dengar toh, apa itu tali spring?
Oke, tidak usah panjang lebar kalau begitu. Admin lanjut, ya!
Lanjut, Bang!
Chakep!!!
Senyum dulu dong, biar awet muda, kayak admin. WKWKWKWK.
Tali spring berfungsi untuk mengikat kapal agar tidak maju dan mundur.   
Ai.... Kayak lagunya Syahrini aja!
Assikk, eh! Goyang dululah!
Gambar dari: iannews.id
 Tali spring, biasanya membentang dari kapal ke dermaga dengan posisi paling dalam di antara tali yang lainnya—breast dan tros line.
Spring yang di bagian haluan atau bagian kepala kapal, talinya membentang ke belakang. Berfungsi menahan kapal agar tidak maju. Sedangkan, spring yang bagian buritan atau bagian pantat kapal, talinya membentang ke depan. Berfungsi menahan kapal agar tidak mundur.
Biasanya, spring adalah tali yang paling duluan dikirim ke dermaga, baik di haluan maupun buritan. Alasannya, tali spring ini tepat digunakan untuk merapatkan kapal. Karena tanpa adanya tali spring, kapal akan susah untuk merapat. Ibarat mobil, tali spring bisa dibilang rem. Rem yang akan menahan kapal agar tidak maju-mundur ketika hendak sandar.
Pernah main ke kapal, kan?
Pada umumnya, untuk kapal besar, menggunakan dua tali spring. Namun, ketika cuaca tidak stabil, biasanya tali spring ini ditambah menjadi tiga atau bahkan empat.  Di mana dua tali spring utama dan dua tali spring extra.
Spring utama yaitu, tali yang memiliki gulungan pada wind. Sedangkan spring extra adalah tali bantuan yang biasanya digunakan untuk membantu tali spring utama agar kapal anteng.
Jadi, umpama cuaca sedang tenang-tenang ae...  spring-nya cukup dua saja!
Okhay... sekilat ini saja ya, Bos! Sampai ketemu di artikel selanjutnya.
Jangan lupa berlangganan artikel melalui email!  So, setiap kali admin menulis artikel terbaru, akan otomatis terkirim ke email Anda juga. Dan, Anda bisa langsung membacanya. Siapa tahu admin punya pengetahuan baru yang perlu Anda ketahui juga, toh!  
OkaY?
Terimakasih! Salam damai di laut! Tetap semangat berlayarnya!
OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter