-->

Tempat terpercaya untuk membeli Ethereum ialah di Indodax nasional Indonesia

Posting Komentar
Artikel sebelumnya telah membahas tentang apa itu ethereum, saya menganggap kamu telah mendapatkan gambaran tentang koin Ethereum. Nah, kali ini, saya kembali akan menjelaskan di mana kita bisa membeli koin atau aset digital Ether dari perusahaan Ethereum itu.
Dimulai dari nol ya, Pak! Pluk!!!

Di Indonesia, sekali lagi saya katakan bahwa, tempat yang saya percaya untuk membeli dan menjual aset digital hanyalah di Indodax. Bukan berarti di tempat lain berbahaya, ya! Hanya saja, saya belum tahu dan belum pernah mencobanya. Ok? 

Sedikit sejarah tentang Indodax

apakah indodax aman untuk digunakan?
...

Indodax atau singkatan dari  Indonesia Digital Asset Exchange adalah sebuah perusahaan berbasis teknologi blockcahin yang mempertemukan penjual dan pembeli aset digital terbesar di Indonesia. 

Perusahaan Indodax telah beroperasi sejak 15 Februari 2014. Dan saat ini, Indodax telah aktif melayani 1,9 juta lebih member, yang tersebar di 80 negara--dan akan terus bertambah.  

Untuk saat ini, terdapat 58 jenis aset kripto yang siap untuk diperjual-belikan, termasuk Ethereum salah satunya. Sumber Wikipedia

Indodax didirikan oleh Oscar Darmawan—CEO of Indodax—dan William Sutanto—Co-Founder—dengan nama Bitcoin Indonesia. 
Empat tahun kemudian, tepatnya di bulan Maret 2018, Bitcoin Indonesia (bitcoin.co.id) resmi mengganti nama menjadi Indodax atau Indonesia Digital Asset Exchange (indodax.com).

“Masih banyak masyarakat yang mengenal kami sebagai sebuah sistem pembayaran menggunakan Bitcoin. Padahal sebenarnya, tujuan kami bukan sebagai sistem pembayaran,” kata Oscar Darmawan.

Hal tersebut yang kemudian menjadi salah satu alasan dari pergantian nama itu. 

Indodax bertujuan untuk memberikan pelayanan dan support yang lebih kepada pengguna. 

Pada rebranding dari Bitcoin Indonesia menjadi Indodax, tidak ada yang berubah dalam hal sistem, struktur dan cara transaksi yang dilakukan oleh member. Sumber Wikipedia.

Ulasan di atas menjelaskan bahwa, pergantian nama itu hanyalah untuk memperluas layanan. 

Karena paham masyarakat luas tentang Bitcoin ialah uang digital yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran. 

Sementara nama dari Bitcoin Indonesia atau nama pertama dari Indodax terkesan ke satu aset saja, yaitu Bitcoin, tok. 

Padahal di dalam platform  Indodax saat ini, terdapat 58 nama aset digital yang dapat diperdagangkan--dan terus bertambah.

Ya, awal saya mengenal Bitcoin Indoneisa, waktu itu, tepatnya di tahun 2015. Namanya memang masih Bitcoin Indonesia, sih. 

Bahkan, saya sempat menulis buku pertama saya dengan judul. 10 LANGKAH MENJADI KAYA DENGAN BITCOIN. 

Well, buku itu adalah buku pertama saya, ya. Mohon maaf jika banyaK kekurangan di dalamnya. 

Akan tetapi, buku tersebut adalah sejarah buat saya, bahwa saat itu—saat menulis buku tersebut—saya punya 2 Bitcoin. 

Ya, saat itu Bitcoin seharga 3 juta saja. Kalau kamu bertanya, apakah saya sudah kaya karena punya investasi 2 Bitcoin kala itu? 

Tidak! Saya telah menjualnya kembali, sebelum Bitcoin populer dan saya hanya bisa gigit jari, hehehe.

Regulasi di Indonesia menyangkut mata uang digital

Undang-Undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang secara jelas hanya memperbolehkan Rupiah sebagai alat tukar di Indonesia. Undang-undang tersebut efektif melarang penggunaan komoditas seperti aset crypto dan emas maupun mata uang lain selain rupiah seperti Dollar AS ataupun Renminbi China. 

Bank Indonesia juga menegaskan larangan penggunaan aset crypto sebagai alat tukar di Indonesia, melalui pernyataan BI No.16/6/DKom. Sumber wikipedia.

Ulasan di atas menyatakan bahwa, membeli dan menjual aset digital di Indonesia hukumnya tidak dilarang. 

Hanya saja, tidak boleh digunakan sebagai alat tukar. Misalnya ke pasar mau beli bawang, si penjual bawang maupun calon pembeli tidak boleh menggunakan alat pembayaran menggunakan Bitcoin. 

Seperti, satu kilo bawang merah sekian Bitcoin. Tapi jika untuk membeli aset digital atau crypto dan lalu menjualnya  atau menyimpannya dengan tujuan sebagai aset, baik dari segi investasi maupun trading berjangka pendek, ya sah sah saja.

Apakah aplikasi Indodax legal?

Pemanfaatan aset crypto seperti Bitcoin, Ethereum, dan Stellar di Indonesia diatur oleh Kementrian Perdagangan (Kemendag) bekerja bersama Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). 

Kemendag telah mengeluarkan Peraturan menteri Perdagangan RI No.99 Tahun 2018 tentang Ketentuan Umum Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka aset crypto. 

Dalam peraturan tersebut aset crypto diklasifikasikan sebagai salah satu komoditi yang layak dijadikan subjek kontrak berjangka yang diperdagangkan di pasar berjangka. Sumber Wikipedia.

Jadi kalau kamu bertanya apakah Indodax legal beroperasi Indonesia? 

Jawaban saya: yes.

Indodax, bahakan diawasi oleh beberapa otoritas jasa keuangan yang berlaku di Indonesia. Jadi kalau masalah keabsahan operasionalnya di Indonesia--hingga saat ini--bisa saya jamin kelegalannya. 

Anti Money Laundering (AML) & Know Your Client (KYC)

Sebagai komitmen untuk memerangi aktivitas pencucian uang, PT. Indodax Nasional Indonesia mematuhi standar yang tinggi mengenai pengelolaan dalam penerapan Regulasi serta Undang-Undang terkait program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme yang diimplementasikan pada seluruh kegiatan atau aktivitas perusahaan PT. Indodax Nasional Indonesia. 

Indodax memberlakukan KYC sebagai uji kelayakan (due diligence) terhadap calon member untuk mencegah aktivitas pencucian uang. KYC di Indodax diwajibkan kepada setiap calon member untuk mengupload foto diri dan foto identitas legal. Sumber Wikipedia.

Ulasan di atas juga menegaskan bahwa, setiap member yang akan menggunakan atau membuat akun pembelian dan penjualan aset digital di Indodax, harus benar-benar diketahui identitasnya. 

Jadi, jangan coba-coba untuk menipu atau melakukan pencucian uang di Indodax. Karena kamu tidak akan lolos, hehehe.

Ya, setiap transaksi deposit maupun pengiriman semuanya tercatat dan tidak akan pernah terhapus oleh sistem. 

Dan sistem dapat dengan mudah melacak siapa pengirim dan ke mana klien mengirim asetnya di platform, jika suatu waktu diperlukan.

Baiklah, saya harap kamu bisa mengerti dan memahami mengenai situs Indodax. Yang pastinya, untuk menjadi member di Indodax kamu harus berniat baik terlebih dahulu. 

Niatkan saja untuk menjadi kaya dari modal halal. Aminn.

Ethereum

Ethereum, Ether, dan ETH, adalah satu produk. Ethereum adalah nama perusahaan, Ether adalah panggilan singkat untuk koin Ethereum, dan ETH  adalah simbol koin Ethereum di pasar digital. 

Dan, untuk memiliki investasi aset digital seperti ETH, maka kamu perlu dan wajib, memiliki akun Indodax terlebih dahulu.

Silakan daftar di situs ini www.indodax.com. Ikuti langkah-langkah pendaftaran dengan benar. Tentunya dengan data diri sesuai dengan kartu identitas asli kamu. 

Kemudian lakukan verifikasi 4 tahap berikut: 

  • verifikasi nomor telepon, 
  • email, 
  • kartu identitas, dan
  • foto diri Anda memegang tulisan tangan yang bertuliskan VERIFIKASI Beli aset digital di INDODAX.com, sebagai perjanjian untuk melakukan pembelian dan penjualan Bitcoin.

Jika kamu bertanya, kenapa kok seribet itu?

Ya, akun Indodax-mu merupakan tempat untuk menyimpan uang yang banyak nantinya. 

Insya Allah, aminnn! 

Oleh karena itu, diperlukan data yang benar adanya. 

Membuat akun di Indodax memang hampir sama dengan membuka rekening baru di bank tradisional. 

Akun Indodax milikmu bisa dikata sebagai rekening online, dan rekening bank kamu adalah rekening ofline. 

Keduanya sama-sama untuk melakukan deposit, menyimpan dan menarik dana. 

Rekening bank untuk menyetor, mengirim dan menarik rupiah. Sedangkan rekening online kamu (akun Indodax) untuk diisi uang dari rekening bank, dan kemudian akun Indodax tersebut akan melakukan transaksi demi transaksi dan akhirnya akan menghasilkan keuntungan yang banyak, insya Allah. 

Terakhir, profit bisa dikirim kembali ke rekening bank. Hingga pada akhirnya uang atau profit bisa dinikmati. Wenaknya!!!

Jadi rekening bank dan rekening online pribadimu merupakan kedua rekening yang amat penting untuk memasuki area trading atau investasi untuk mata uang digital.

Membuat akun Indodax yang aman

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuka akun rekening online di Indodax ialah, terlebih dahulu kamu harus mengujungi website Indodax di sini  www.indodax.com.

Lakukan pendaftaran menggunakan data diri yang benar. 

Berikut ada beberapa poin penting yang perlu kamu ketahui dan harus pula saya jelaskan sebelum membuat rekening online di Indodax.

Nomor telepon

Untuk membuat akun rekening online di Indodax, kamu harus menggunakan dua nomor telepon. Satu nomor telepon utama dan satu alternatif. 

Nomor telepon utama harus benar-benar dijaga, ya! 

Jangan sampai kadaluarsa, hilang, atau diberikan kepada orang lain. Karena nomor itu akan berfungsi untuk mengubah password, verifikasi penarikan dana, verifikasi penghapusan autheticator, dan sebagai kontak yang dapat dihubungi Indodax ketika diperlukan. 

Nomor alternatif bisa difungsikan jika suatu saat nanti nomor telepon utama hilang.

Nama akun harus sesuai dengan nama asli di kartu identitas 

Nama akun kamu di Indodax harus dengan nama asli sesuai KTP. 

Tujuan nama tersebut harus sama yaitu, agar ketika melakukan deposit atau penarikan dana dapat diproses. 

Member yang melakukan deposit atau penarikan dana dalam bentuk rupiah dan ternyata nama akun Indodax dan nama rekening bank tidak sama, maka deposit atau penarikan akan gagal, alias ditolak!

Email 

Jangan sampai email kamu—yang digunakan di Indodax—bisa dibuka oleh orang lain! Itu berbahaya! 

Akun rekening online punyamu di Indodax bisa saja direset password-nya dan tentu saja jika akun tersebut diakses oleh orang yang berniat jahat, maka habislah uangnya. 

Jadi usahakan agar email yang digunakan untuk membuat akun Indodax benar-benar aman. 

Ini demi mencegah pencurian dan perampokan aset digitalmu nantinya. 

Ingat penipuan bisa saja terjadi di mana-mana! Dan ... biasanya yang menipu kita adalah kalangan orang-orang terdekat kita sendiri.

Sukses!

Supaya lebih jelas dalam membuat akun rekening online di Indodax, terlebih dahulu  bisa memutar video berikut: 
  
Sampai jumpa di artikel selanjutnya.
OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter