-->

Cara membuat dompet digital Metamask

Posting Komentar
Oke jadi kali ini, saya akan kembali menjelaskan peralatan trading Anda. Apa dia? Dompet pribadi.

Fungsi dompet digital pribadi

Dompet pribadi ini berfungsi sebagai tempat aset digital. Di kehidupan sehari-hari, dompet yang kita gunakan mungkin hanya bisa menampung uang sekitar satu sampai dua juta saja, betul? Lebih dari itu sepertinya bukan dompet lagi deh, namanya. Ya, kan? 

Beda halnya dengan dompet digital, ia mampu menampung aset digital berapa pun jumlah dan nilainya. 

Bagaimana cara menggunakan dompet digital?

Yap, Anda bisa membeli aset digital semacam Ethereum di akun Centralized Exchange Anda (platform online jual beli crypto, seperti: Indodax, Pintu, Dll) dan kemudian mengirimnya ke dompet pribadi, gunanya agar aset itu aman dengan perlindungan ekstar.

Misalnya, ketika akun platform trading yang sering Anda gunakan bertransaksi aset digital diretas, atau software itu dilarang untuk beroperasi, maka uang Anda tetap aman, karena disimpan di dalam dompet. 

Andaikan aset digital Anda berada di platform trading, dan celaka terjadi, platform trading yang sering digunakan diretas, tentu aset digital Anda akan hilang.

Terus bagaimana bisa menjualnya kembali jika platform trading yang biasa digunakan diretas? Anda bisa mengirimnya ke akun platform jual beli crypto yang lain. 

Di dunia ini sudah terlalu banyak tempat yang bisa kita gunakan untuk menukar uang digital. Bahkan jika Anda tinggal di negara bagian Eropa, Anda bisa mengambil uang digital melalui ATM dengan menggunakan dompet pribadi ini. 

Selain dari pada itu, penduduk di sana pun bisa menggunakan aset digital sebagai alat pembayaran yang sah. Misalnya, ke toko-toko yang memiliki scan pay yang mendukung uang digital, Anda hanya mengarahkan scanner barcode dompet Anda, pembayaran selesai.

Baiklah, rasanya sudah cukup basa-basi saya di atas. Hehehe.

Memang sempat saya jelaskan sedikit mengenai dompet pribadi ini di bab sebelumnya. Namun, untuk membuatnya lebih jelas lagi, saya kembali akan merincinya lebih detail agar Anda tahu menggunakannya dengan benar.

Tujuan dompet digital pribadi

Salah satu tujuan dompet pribadi ini ialah menjadi gate way aset digital kita ke platform DEX, baik DEX Protocol maupun DEX Hydro Protocol. 

Oleh sebab itu, di kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan mengenai dompet pribadi yang manakah yang baik untuk digunakan.

Tentu saja saya akan mengarahkan Anda untuk menggunakan dompet pribadi yang berbasis Ethereum. Agar kedepannya, Anda bisa gunakan untuk trading di platform DEX (pertukaran uang digital yang tanpa prantara).

Jenis dompet digital pribadi

Sebenarnya, ada banyak sekali dompet pribadi berbasis Ethereum yang bisa kita gunakan hari ini, tetapi saya hanya memilih menggunakan MetaMask.

MetaMask merupakan dompet pribadi yang bisa diandalkan untuk menyimpan aset digital yang berbasis Ethereum, sekaligus menyambungkan kita dengan berbagai Daps Exchange (Decentralized Aplication Exchange) di dunia crypto. 

Tentu Anda sudah tahu yang manakah yang saya maksudkan dengan Daps? 

Ya, yang dimaksud dengan Daps adalah aplikasi atau websita berbasis terdecentralisasi. Jadi bukan hanya exchange yang tergolong sebagai Daps, melainkan ada banyak jenis aplikasi Daps yang dibuat oleh manusia-manusia cerdas di dunia, saat ini. 

Misalnya: website, game, tempat perbelanjaan online dan banyak lagi. Namun karena kita sedang berada di dunia trading, tentu saja saya akan menjelaskan Daps yang bersangkutan dengan pertukaran uang digital saja.

Dompet pribadi ini juga berfungsi sebagai pelindung alias pengaman dalam menghadapi web phising. 

Jadi selama Anda memasang dompet pribadi MetaMask di browser yang digunakan, maka ketika Anda mengunjungi alamat web phising atau website penipu, MetaMask dapat mendeteksinya, dan memblokir web itu dengan peringatan yang tegas.

Apakah kita bisa menyimpan Bitcoin di MetaMask?

Tidak. Untuk menyimpan Bitcoin, dibutuhkan dompet uang digital yang lain, tentunya yang mensupport. 

Dan karena kita berada di ruang lingkup Ethereum, maka dari itu saya hanya akan mengajak Anda untuk menggunakan dompet yang berbasis Ethereum saja, ok?

Jadi, MetaMask ini hanya memungkinkan kita untuk menyimpan koin Ethereum dan seluruh token yang berada di jaringan Ethereum blockchain. 
Selama token atau uang digital itu di atas platform Ethereum blockchain, maka kita bisa menyimpannya di MetaMask.

Bagaimanakah bentuk Metamask?

Untuk pengguna android, Anda bisa mendownloadnya di Play Store, dan untuk yang berbasis web Anda bisa memasangnya sebagai ekstensi di chrome atau web browser yang mendukung.  

Jadi, ketika Anda sudah membuat dompet pribadi MetaMask di web browser, maka Ada hanya perlu mengunlock dompet itu di android, begitu pun sebaliknya. 

Singkatnya, Anda bisa memantau aset Anda dari mana pun, baik melalui komputer maupun dengan android.

Apakah aman untuk digunakan?

Aman jika tidak memberikan akses kepada orang lain. 

Misalnya, ketika memberikan sandi MetaMask Anda kepada orang lain,  maka tentu saja orang tersebut dapat mengirim atau memindahkan dana Anda ke alamat dompetnya. 

Jadi berhati-hatilah. Atau jangan pernah meminjamkan laptop atau pun android Anda kepada siapa pun jika orang tersebut tidak dapat dipercaya.

Untuk menggunakannya, Anda tinggal download ekstensinya di chrome, ya tentu saja jika Anda menggunakan web browser chrome. 
Akan tetapi jika Anda menggunakan web browser yang lain, pun bisa mengunduhnya menggunakan ekstensi web browser yang Anda gunakan.
Kebetulan saya menggunakan chrome, jadi saya menggunakan MetaMaks di chrome.

Cara membuat dompet digital pribadi di metamask

Untuk memulai, Anda bisa mendownload dan memasangnya terlebih dahulu di exstention crom.

Cara menggunakan dompet peribadi
...

Setelah MetaMask terpasang otomatis Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran.
...

Klik mulai dan layar akan berubah seperti di bawah .
...

Di sini ada pilihan buka dompet baru atau impor dompet Anda.
Nah, jika Anda sudah punya dompet yang berbasis Ethereum sebelumnya, maka Anda bisa mengimpornya menggunakan Private Key atau Json File.
Karena saya menganggap Anda baru pertama kali menggunakan MetaMask, maka mari saya tunjukkan cara membuat dompet baru itu.
Klik buat dompet.
Cara membuat dompet digital
...

Masukkan password yang hanya Anda yang tahu! 
Sekali lagi, harap diingat, jangan pernah memberikan sandi ini kepada orang lain! Sebabnya, ketika dia menggunakan laptop Anda, maka tentu saja dia bisa mengambil atau mengirim uang Anda dari dalam dompet menggunakan sandi itu saja.
Cara membuat dompet digital
...

Oke, ada akan menemukan kunci Seed Phrase ini, saat dompet Anda selesai dibuat. 

Seed Phrase ini jangan sampai diberikan kepada orang lain, karena dia biasa mengakses dompet atau mengunlock dompet Anda menggunakan laptop atau android miliknya. Oleh karena itu Anda harus benar-benar menjaga Seed Phrase ini.

Juga, jangan lupa untuk menulis Seed Phrase ini di buku catatan. Saya sarankan ketika menulisnya, agar ditulis di dua halaman yang berbeda. 

Gunanya, agar hanya Anda yang bisa mengetahui, keseluruhan dua belas frasa cadangan ini. 

Selain daripada itu, kenapa sangat perlu untuk menulis Seed Phrase tersebut, karena ketika perangkat lunak yang Anda gunakan sekarang rusak, maka Anda bisa membuka dompet Anda di perangkat lunak atau laptop yang lain menggunakan frasa backup ini.

Selain di lattop juga bisa dibuka di HP menggunakan Seed phrase

Cara membuat dompet digital
...

Duabelas kata itulah yang dimaksud dengan Seed Phrase atau frasa cadangan. 

Berikutnya, Anda perlu mengonfirmasi frasa cadangan yang Anda tulis tadi. 

Cara membuat dompet digital
...

Setelah konfirmasi selesai maka jadilah dompet Anda.
Cara membuat dompet digital
...

Oke tinggal isi saldo. 

Bagaimanakah untuk isi saldo?

Klik bagian deposit untuk isi saldo, dan kirim jika Anda hendak mengirimnya aset. 
Cara membuat dompet digital
...

Akan muncul pop up seperti pada gambar di bawah, klik lihat akun Anda untuk menyalin alamat ETH itu. 
Cara membuat dompet digital
...

Setelah itu, layar Anda akan tampak seperti ini. 
Cara membuat dompet digital
...

Harap bedakan mana alamt publik mana Private Key. Private Key itu, yang di bagian bawah. Dan, tuh kan ada bacaannya. HeHe.

Private Key ini juga bisa digunakan untuk mengunlock dompet MetaMask Anda, atau sama saja dengan Seed Phrase. 

Namun, ada kegunaan tertentu untuk Private Key tersebut. Kegunaannya tertentunya ialah untuk mengimpor dompet Anda menjadi satu ekstensi di MetaMask. 

Dan juga, biasanya digunakan untuk aplikasi trading tingkat atas, seperti menggunakan robot trading. 

Saya sarankan Anda harus benar-benar mempelajari aplikasi yang akan Anda gunakan sebelum memberikan Private Key ini. 

Kapan Anda memaste Private Key di tempat yang berbahaya atau penipu, maka habislah dana Anda. 

Sebabnya, ia bisa mengopy lalu mengunlok dempet Anda di tempat lain, dan lalu mengambil semua uangnya. Berikut contoh Private Key.

Cara membuat dompet digital
...

Baiklah, selamat mencoba petualang baru menggunakan dompet digital MetaMask.
Sukses dan sehat selalu. 
OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter