-->

Cara Menggunakan Kemudi Manual Di alur Sempit

2 komentar

cara menggunakan kemudi
"Gambar Kapal Penumpang"

Cara Mengunakan Kemudi Manual Pada Saat Berlayar Di Perairan Sempit, hello sobat ketemu lagi kita, bagaimana sobat perkembangannya tentang pengoprasian kemudi, apa topik kemarin tentang Cara Menggunakan Kemudi Manual Pada Saat Bermaneuver sudah mahir? Ow,, kalau belum ada baiknya sobat klik link diatas supaya sobat lebih mengerti tentang cara menggunakan kemudi secara terperinci.

Ok sobat langsung aja ke pembahasan kali ini Cara Menggunakan Kemudi Manual Pada Saat Berlayar Di Perairan Sempit, seperti biasa tentu ada beberapa point yang sobat harus perhatikan seperti di bawah ini:
  • Kemudi auto sudah di tukar ke manual, tentu sobat sudah mengerti bukan cara menukar kemudi auto ke manual atau pun sebaliknya, tapi kalau belum terlalu mengerti, ada baiknya sobat menuju ke artikel tersebut yaitu CaraMemindahkan Kemudi Manual Ke Auto dan CaraMemindahkan Kemudi Auto Ke Manual,
  • Pastikan kemudi sudah mengikuti ruder engel indicator, saya harap mengenai hal ini sobat sudah mengerti,
  • Dengarkan arahan aba-aba kemudi dari kapten atau pun officer, 

Nah kalau sobat sudah clear dengan tiga hal diatas tugas sobat sekarang hanya mendengarkan aba-aba dan menjalankan perintah tersebut,

Notis: Cara melaksanakan aba-aba haluan itu tidak sama seperti melaksanakan aba-aba kemudi, jadi disini kita menggunakan dua benda, yaitu kemudi manual dan giro kompas, di mana kemudi manual yang menggerakkan haluan kapal dan jarum giro kompas yang menunjukkan angka azimut haluan kalau tidak terlalu mengerti apa yang saya maksudkan coba sobat perhatikan gambar di bawah
cara menggunakan kemudi manual di alur sempit
"Gambar Kemudi Manual"
Gambar kemudi manual di atas lah yang kita putar ke kiri atau ke kanan, ini tergantung order dari kapten,
cara menggunakan kemudi manual
"Gambar Gyro Kompas"
Gambar giro kompas diatas lah tempat kita dapat membaca angka haluan, mungkin sobat berfikir itu kan gambar kemudi auto, ia betul sekali sobat, jadi giro kompas dan kemudi auto itu saling bergandengan dimana giro kompas dapat di fungsikan oleh dua kemudi, jadi maksud saya adalah pada saat kemudi manual yang di aktifkan maka jarum kemudi auto tidak berfungsi, dan begitu pun sebaliknya apabila kemudi auto yang di aktifkan maka roda kemudi manual sudah tidak berfungsi lagi, saya rasa kalau mengenai hal ini sobat sudah mengerti bukan soalnya itu sudah di bahas di artikel kemari yaitu CaraMemindahkan Kemudi Manual Ke Auto dan sebaliknya,
Nah lanjut lagi, di dalam gambar diatas sobat melihat ada dua jarum bukan? Jadi yang panjang itu adalah jarum kemudi auto dan yang pendek itu adalah jarum giro kompas, jadi angka yang dapat kita baca pada saat kapten bertanya “ berapa haluan sekarang?” adalah angka yang di tunjuk oleh jarum giro kompas.

Contoh: haluan gambar diatas adalah 210, dan terkadang kapten bertanya terlebih dahulu sebelum memberikan aba-aba seperti ini “ berapa haluan sekarang? Tentu harus di jawab donk, tidak perlu panjang-panjang jawabnya, ringkas aja yang penting jelas, jadi jawabnya seperti ini ”210 kep” nah kalau kapten berkehendak membawa kapal ke kanan tentu dia akan mengorder, ”220” sebelum melaksanakan perintah, ulang dulu perintah tersebut terlebih dahulu,  seperti ini “220 kep” lalu putar roda kemudi manual ke kanan sampai jarum giro kompas menunjuk angka 220, lalu informasi kan kembali hasilnya, seperti ini “220 kep” tentu intonasi pengucapan-nya berbeda sobat, jadi pada saat mengulangi perintah itu intonasi-nya agak menaik, dan hasil pelaksanaannya dengan intonasi menurun, supaya agak terdengar jelas mana pengulangan dan mana hasil dari pelaksanaan.

Ada pun aba-aba haluan yang sering di pakai diatas kapal itu sangat beragam, aba-aba tersebut hanya tergantung pada si pemberi aba-aba, jadi pada intinya semua tujuannya sama tidak lain hanya untuk mengarahkan tujuan kapal yang di kehendaki.

Contoh aba-aba haluan yang sering di pakai dikapal adalah sebagai berikut:

No
Cours /  Haluan
Meaning /artinya
Ketranagan
1.
000
Zero zero zero
Putar roda kemudi manual sampai posisi jarum giro kompas pada posisi 000° atau 360°
2.
005
Zero zero five
Putar roda kemudi manual  sampai posisi jarum giro kompas pada posisi 005°
3.
030
Zero three zero
Putar roda kemudi manual  sampai posisi jarum giro kompas pada posisi 030°
4.
045
Zero four five
Putar roda kemudi manual  sampai posisi jarum giro kompas pada posisi 045°
Dan seterusnya yah sobat

Terima kasih telah mampir untuk membaca dan mudah-mudahan apa yang sempat saya uraikan disini bermanfaat bagi sobat-sobat pelaut sejati, dan kalau sobat mau menguasai aba-aba kemudi ini dan mempunyai keinginan untuk bekerja di luar INDONESIA, dengan bahasa inggris yang fasih dan penuh pronotation ada baiknya sobat mengikuti kursus online yang pernah saya ikuti, dan hasilnya sangat maksimal, untuk gabung dan mendaftar klik (disini) untuk uji coba gratis.

OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

2 komentar

  1. What's up, I want to subscribe for this website to get most
    recent updates, thus where can i do it please assist.

    BalasHapus
  2. Hai, sorry for the delay to see your comment. And thank you for your inters to this site. Please, now you can subscribe by entering your email in a sidebar button.

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter