-->

Cara Memindahakan Kemudi Manual Ke Auto

cara memindahkan kemudi manual ke auto
''Gambar Kemudi Manual''

Hallo sobat pelaut sejati, kita ketemu lagi, ini adalah kelanjutan dari artikel kemarin yaitu Memulai Pelayaran Dengan Menggunakan Waypoint dan Route, kalau kemarin kita sempat membahas tentang GPS, kali ini kita akan beralih kepada cara mengoprasikan kemudi yaitu Cara Memindahkan Kemudi Manual Ke Auto, 
Tentunya artikel ini ditulis khusus buat sobat-sobat pelaut sejati yang masih belum terlalu mengerti yang namanya kemudi, karena sobat-sobat yang belum terlalu mengenal apa itu kemudi, tentu merasa canggung, merasa was-was ketika akan menghadapi kemudi di atas kapal, hal itu pernah saya alami ketika saya baru pertama kali menghadapi kemudi di atas kapal  sobat. Tapi hal itu tidak akan saya biarkan terjadi lagi pada sobat-sobat calon pelaut sejati, seperti apa yang saya alami dahulu.
Kali ini saya akan berbagi tips tentang Cara Memindahkan Kemudi Manual Ke Auto jadi tinggal baca aja dan simak baik-baik supaya nantinya sobat tidak merasa canggung saat menghadapi kemudi di atas kapal.
Oke langsung aja yah sobat, kita melangkah kepada topik utama kali ini yaitu Cara Memindahkan Kemudi Manual Ke Auto
Disaat memulai pelayaran tentu kemudi di oprasikan dalam keadaan manual sobat, dikarenakan kemudi manual lebih cepat merespon apa yang di perintahkan steering kemudi ke daun kemudi, jadi pada saat memulai pelayaran atau mengolah gerak pasti selalu menggunakan kemudi manual.
Nah disaat ini kita sudah berlayar dan kemudi masih dalam keadaan manual tentunya, dan apabila olah gerak sudah selesai atau kapal sudah jauh dari dermaga dan sudah dalam keadaan aman, tentu Kapten akan meminta atau mengorder kepada AB, supaya kemudi di pindahkan ke manual. Dan biasanya akan ada percakapan pendek antara Kapten dan AB seperti di bawah ini:
Kapten   : kemudi outo pilot please!
AB         : yes kemudi auto pilot kept.

Kalau sobat dalam keadaan seperti ini, tidak perlu canggung lagi sobat, karena disini saya sudah mempersiapkan apa yang sobat harus kerjakan, jadi tinggal baca aja sampai selesai.
Langkah-langkah yang sobat perlu ikuti ialah: 
  • Pastikan jarum kemudi manual dalam posisi tengah-tengah, atau perhatikan gambar di bawah: 

cara memindahkan kemudi manual

''Ganbar Jarum Kemudi Manual'
  • Smakan posisi jarum gyro kompas dengan jarum kemudi auto, atau perhatikan gambar dibawah,

  • cara memindahkan kemudi
    ''Gambar Jarum Kemud Auto Pilot''
  • Dimana ada dua jarum yang berwarna merah diatas, satu panjang satu pendek, dimana yang pendek itu adalah jarum gyro kompas dan yang panjang itu adalah jarum kemudi auto, maka sebelum sobat memutar switch dari manual ke auto maka kedua jarum tersebut harrus sejajar atau lurus. 
  • Putar switch dari manual ke auto, atau perhatikan gambar tersebut

  • cara memindahkan kemudi




    Jika sudah selesi lapor kembali ke Kapten bahwa kemudi sudah dalam keadaan auto
    atau seperti di bawah ini:

AB    : kemudi sudah dalam keadaan auto Kept
Kpt   : ok thank yuo, dan ikuti haluan di GPS
AB    : Yah Kept.

Notis: jangan sampai sobat tdak menyamakan posisi jarum gyro kompas dengan jarum kemudi  auto, itu bias berakibat fatal sobat.
Contoh: jarum gyro kompas dalam keadaan 050° dan jarum kemudi auto dalam keadaan 010° derajat. Nah kalau posisi jarum separti datas dan sobat langsung putar swith kemudi dari manual ke auto maka kapal sobat akan langsung cikar   kiri dan berbalik arah sobat.
Jadi perlu sobat perhatikan posisi jarum kemudi sebelum memutar swith dari manual ke auto.
Ok sobat mudah-mudahan ini bias bermanfaat bagi sobat-sobat pelaut  sejati, dan saya yakin klau sobat mengikuti langkah-langkah diatas, sobat tidak akan pernah merasa canggung atau was-was lagi dalam menghadapi kemudi di atas kapal, dan selamat menjalankan tugas dengan baik. Saya rasa sobat sudah biasa memindahkan kemudi dari manual ke auto, Dan jangan lupa membaca artikel berikutnya yaitu Cara Memindahkan Kemudi Auto Kemaunual. Supaya ilmunnya sobat semakin lengkap tentang pengoprasian kemudi.
OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter