-->

Cara Mengoperasikan AIS


cara mengoperasikan ais
''Gambar AIS''


Cara mengoperasikan AIS SI-30

Hello sobat ketemu lagi kita, kali ini kita akan membahas tentang Cara mengoperasikan ais, yaitu pengertian AIS dan fungsi dasar tombol-tombol AIS tentu kemarin sudah mahir bukan tentang cara mengoperasikan kemudi manual dan auto, alias Cara Menukar Kemudi Manual Ke Auto atau Cara Memindahkan Kemudi Auto Ke Manual? Tapi kalau sobat belum terlau mengerti ada baiknya sobat klik link diatas.

OK sobat langsung aja kita ke pembahasan utama kita kali ini, yaitu cara mengoperasika ais, jadi pertama-tama kita akan melangkah ke pengertian AIS,
Pengertian AIS:
AIS (Automatic Identification System) adalah alat navigasi yang dapat memberikan informasi secara otomatis tentang data-data suatu kapal kepada kapal lain dengan jarak tertentu.

Catatan: AIS yang ada di kapal hanya bisa mendeteksi kapal lain yang memiliki AIS juga tentunya, dan dalam keadaan ON pada saat berdekatan, dan jarak yang bisa dideteksi oleh AIS, secara horizontal sejauh 74 km dan vertical sejauh 400 km, dan ini adalah jarak yang cukup lumayan jauh sobat jadi saya berharap supaya sobat bisa mengoprasikan ais dengan maksimal, agar sobat bisa menaklukkan samudra biru dan bebas dari bahaya. Nah sekarang saatnya kita melangkah ke fungsi tombol-tombol AIS, atau perhatikan dulu tombol-tombol AIS yang ada di bawah lalu baca keterangan yang ada di bawahnya. 
cara mengoperasikan ais

FUNGSI TOMBOL-TOMBOL AIS

TOMBOL
FUNGSI
1
Jika di tekan akan menampilkan list data target kapal yang terdeteksi dengan AIS
2
Jika di tekan, berfungsi untuk menandai suatu tempat, misalnya tempat-tempat yang harus di hindari pada saat berlayar trip berikutnya.
3
Menampilkan ring warna merah
4
Menampilkan peta dasar
5
Jika di tekan akan muncul tanda move (pindah),  berfungsi untuk menggeser titik tengah pada layar plot, untuk menggerakkan pakai tombol naik, turun, kiri, kanan
6
Mengembalikan titik tengah layar plot, ke posisi awal
7
Menampilkan posisi titik tengah secara instant ( posisi gps ) datanya akan muncul di layar bagian kanan bawah. selanjutnya cursor bisa di geser memakai tombol atas,bawah,kiri,kanan. dan bisa      di gunakan untuk memilih target secara manual. untuk mengembalikan tekan tombol anka 7 kembali
8
Untuk memperdekat jarak
9
Untuk memperjauh jarak
*
Untuk meredupkan layar monitor supaya tidak terlalu terang pada saat malam hari
#
Untuk mencerahkan layar monitor pada saat siang hari
Untuk memilih target list terdekat (paling atas)
Untuk memilih target list yang lebih jauh (kebawah)
Untuk memilih target lebih dekat dari kapal
Untuk memilih target lebih jauh dari kapal

Nah sekarang sobat sudah mengerti bukan tentang tombol-tombol AIS mulai dari 1 – 0 & *, #, ▲, ▼, ◄, ►.

Ini baru dasar tentang tombol-tombol AIS sobat, yang lainnya akan kita bahas satu-persatu supaya sobat tidak terlalu bingung dengan cara mengoperasikan AIS, tentu kalau sobat merasa penasaran dengan tombol yang lainnya, silahkan klik link berikut; Cara Membaca Data Kapal Lain Yang Di Deteksi Oleh AIS.

Ok sobat cukup sampai disini dulu mudah-mudahan apa yang sempat saya uraikan di sini ada manfaatnya buat sobat-sobat pelaut sejati, tentu saya berharap supaya sobat bisa memberikan koment atau masukan supaya kita bisa saling bertukar pendapat, dan setidaknya bisa memberi motifasi buat saya. Oke sobat ketemu lagi kita di artikel berikutnya yaitu; cara memplot kapal lain atau cara membaca posisikapal lain yang terdeteksi dengan AIS. 

Artikel terbaru hari ini

TERIMA KASIH
OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter