-->

Cara Membaca Draft Kapal

Cara Membaca Draft Kapal


cara membaca draft kapal

Hallo sobat ketemu lagi kita, kali ini kita akan membahas tentang cara membaca draft kapal / melihat nomor draft sebuah kapal, pengertian draft kapal atau dikatakan juga sebagai sarat air kapal adalah jarak vertikal antara garis air sampai dengan lunas kapal, semakin banyak muatan kapal semakin dalam kapal masuk kedalam air. Draft digunakan untuk menetapkan kedalaman alur pelayaran yang dilewati kapal serta kolam pelabuhan termasuk kedalaman air di dermaga. 

Kali ini kita tidak membahas alat navigasi yang ada di anjungan dulu, tapi kita akan membahas bagian badan kapal lagi sobat, kenapa ini perlu di ketahui oleh orang dek? Ia dikarenakan ini adalah perkara penting agar kapal bisa layak layar, jadi sobat harus memberikan informasi yang akurat mengenai draft,  jadi layak layarnya sebuah kapal itu tergantung dari draft, kenapa? 

Contoh: kapal kita sekarang dalam keadaan stabil, tidak nungging atau pun mendonga, tapi kalau sobat tidak tahu bagaimana cara membaca draft tentu sobat tidak bisa memberikan informasi yang akurat, boro-boro akurat cara baca draft aja salah ia kan sobat, maka dari itu saya sengaja meluangkan waktu untuk menulis artikel ini supaya sobat-sobat tidak kesusahan dalam membaca draft kapal nantinya, kalau informasi yang kita berikan tidak akurat dan tidak ada orang yang bisa koreksi kesalahan kita, tentu kapal tidak akan mendapatkan izin layar, maka dari itu sobat harus bisa membaca sebuah draf kapal. tapi sebelum kita melangkah lebih jauh tentang draft kapal apakah artikel sebelumnya sobat sudah baca? tapi kalau belum silahkan di klik link berikut yaitu cara membaca data kapal menggunakan ais

Oke langsung aja yah kita ke pembahasan utama kita kali ini yaitu cara membaca draft sebuah kapal. Tentu dalam pembahasan ini banyak hal yang sobat harus perhatikan supaya apa yang sempat saya uraikan disini bisa bermanfaat bagi sobat-sobat pelaut sejati tentunya.

Pertama-tama coba sobat perhatikan skema di bawah : 
skema draft
"Gambar Skema Draft"
Dari skema diatas tentu sobat sudah bisa membaca draft bukan? Jadi kalau menurut saya format diatas lah cara yang paling mudah kalau untuk sekedar membaca draft atau melihat sebuah draft kapal. Jadi sebagai oficer kalau ini sudah bisa kita baca tentu kita tidak akan kelihatan bodoh-bodoh amat di mata kapten, meskipun terkadang sebenarnya kita tidak begitu tahu akan hal ini. He he he he. 

Ok sobat saya rasa cukup sampai di sini dulu pembahasan kita kali ini mengenai draft, insyaallah kalau ada waktu kita akan lanjutkan lagi di artikel berikutnya, tentunya sudah saya persiapkan khusus buat sobat dan pembahasan-nya masih seputar draft, penasaran yah? Oke saya akan sedikit memberikan bocoran nih tentang artikel berikutnya, yaitu Cara Menghitung Draft Tengah Depan Dan Belakang, oke.

Oke cukup sampai di sini dulu mudah-mudahan apa yang sempat saya uraikan kali ini ada manfaatnya buat sobat-sobat pelaut sejati, dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Assalamualaikum.
OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter