-->

Cara Menghitung Draft Belakang, Tengah dan Depan


Cara Menghitung Draft Belakang Tengah Dan Depan


Cara membaca draft depan
"gambar draft"

Cara Menghitung Draft Belakang Tengah Dan Depan

Halo sobat ketemu lagi kita, kali ini kita masih membahas tentang draft  yaitu cara menghitung draft kapal, ini masih sambungan dari artikel kemarin yaitu, Cara Membaca Draft Sebuah Kapal, dan kali ini kita akan membahas tentang cara menghitung  salah satu draft yang tidak jelas kelihatan dari dek, dari pada menggunakan tangga monyet untuk turun memastikan draft tersebut, saya pikir sobat cukup baca aja artikel ini, karena kenapa disini kita akan membahas tentang cara menghitung salah satu draft yang tidak nampak jelas dari dek, dengan lebih terperinci.
Oke sobat kita langsung aja menuju TKP, ha ha ha ha,,, kayak opera vand-java aja.
Pertama-tama sobat terlebih dahulu harus mengetahui dua bagian draf yang mudah terlihat oleh mata dan sisanya tidak perlu di paksa-kan diri untuk memastikan draft tersebut sobat, kenapa saya pikir itu sangat sulit kalau sobat harus menurunkan tangga monyet untuk memastikan draft yang bagian ketiga ini, jadi disini saya akan membagikan sedikit rumus rahasia para pelaut yang telah sukses, tentunya ini saya dapatkan tidak begitu mudah loh sobat tapi, kalau saya pikir, ini ilmu saya tidak bisa simpan sendiri atau saya miliki sendiri, kenapa? Ia siapa tahu nanti saya lupa saya mau bertanya sama siapa lagi kalau bukan sama sobat-sobat lagi, karena ilmu ini banyak di butuhkan oleh orang-orang di luar di sana, maka dengan ikhlas saya membagikannya sobat, silahkan di simak  baik-baik sobat!
Contoh:
Di ketahui   : draft depan (d)      = 5,8
                    draft tengah (t)      = 5,6
                    draft belakang (b)  = ... ?
Rumus:            {(t×2)-d=b} dan {(t×2)-b=d}
Dimana:    d = draft depan 
                b = draft belakang 
                t = draft tengah
Penyelesaian :
                         = {(5,6×2) - 5,8 = b} 
                         = {11,2 - 5,8 = b}
                      b = 5,4  (draft belakang)

Kalau melihat contoh diatas senang sekali kan sobat, dari pada harus jongkok kiri kanan mending sobat gunakan rumus diatas, untuk menghitung draft belakang atau depan yang tidak di ketahui, dan cara menghitung draft depan sobat tinggal masukkan angka dengan rumus yang ke dua
Oke sobat saya rasa kalau untuk menghitung draft depan belakang atau depan sudah mantap, saya pikir yang ada di kepala nya sobat-sobat “bagaimana kalau draf tengah yang tidak di ketahui”?  ia,, ia,,. Akan kita bahas lagi supaya sobat tidak terlalu pusing sengaja saya pisah kan ke bawah rumus-nya sobat, supaya sobat bisa bedakan, oke langsung aja  ke TKP,he he he eh. Ia sobat kita harus sedikit bercanda supaya kita tidak tegang dalam belajar-nya.
Contoh  
Di ketahui   : draft depan (d) = 5,8 
                    draft tengah (t)= ...? 
                    draft belakang (b) = 5,4 
Rumus:   { (d+b)/2=t}  
Dimana:    d = draft depan 
                b = draft belakang 
                 t = draft tengah
Penyelesaian:  
                 =  { (5,8+5,4)/2=t}  
                 =  { 11,2/2=t}  
              t = 5,6 (draft tengah)
Hasilnya sama kan sobat, oke soba saya rasa  mengenai cara menghitung draft cukup sampai di sini dulu, jika ada kesempatan kita akan lanjut lagi di artikel berikutnya yang tentunya masih membahas tentang draft, oke soba cukup sampai di sini dulu  mudah-mudahan apa yang sempat saya uraikan di sini ada manfaatnya buat sobat-sobat yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan sampai jumpa di artikel berikutnya yaitu Cara Menghitung Air Draft Kapal.
Assalamualaikum. 
OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter