-->

Cara Menghidupkan Radar Furuno


Cara Mengoperasikan Radar Furuno 

cara mengoperasikan radar
"Gambar Radar"

Hallo sobat ketemu lagi kita kali ini kita akan membahas tentang cara mengoperasikan radar kapal,dan pada bagian pengoperasian radar ini, saya akan bahas spesial  yaitu cara menghidupkan radar, oke sobat langsung aja kita ke pembahasan utama kita kali ini yaitu fungsi utama tombol power pada radar.

Oke sobat tentu sebagai pelaut atau baru calon pelaut pasti sudah tidak asing lagi bukan apa itu radar, pengertian radar dan fungsi radar di atas kapal, ia bukan?  Tapi sebelum kita melangkah ke pembahasan utama kita kali ini aku mau nanya dulu nih, apa artikel sebelumnya sobat sudah sobat baca? Oww  jadi belum,,, toh. Oke tidak adi masalah silahkan di klik link berikut cara mengoperasikan ais dan cara membaca draft kapal, nah Jadi kita langsung aja ke pengertian radar. 

Pengertian radar adalah alat navigasi di kapal yang di gunakan untuk mendeteksi benda-benda yang ada di sekitar kapal, baik itu berupa kayu yang besar, kapal ikan yang paling kecil, sampai kapal moderen yang paling besar pun semuanya bisa di deteksi oleh radar. Oke jadi kita melangkah ke pada fungsi radar diatas kapal. 

Fungsi radar:
  • Radar di gunakan untuk mendeteksi benda-benda yang ada di sekitar kapal
  • Radar di gunakan untuk membaring sebuah benda yang ada di sekitar kapal,
  • Radar di gunakan untuk mengukur jarak suatu benda, misal antara kapal ke kapal,
  • Radar di gunakan untuk menentukan posisi kapal,
  • Dan lain-lain sebagainya.

Oke saya rasa pengertian dan fungsi radar diatas kapal, sobat sudah cukup mengerti jadi mari kita melangkah ke pembahasan selanjutnya yaitu cara menghidupkan radar yang ada di kapal, oke jadi saya rasa sebagai pelaut pemula tentu bertanya-tanya dalam hati bagai mana sih cara mengoperasikan radar ini, bagai mana cara menghidupkan radar ini, ia kan? Tapi tenang saja kalau sobat malu bertanya sama perwiranya silahkan di simak baik-baik artikel ini oke?

Pertama-tama sobat sudah pasti tau kan fungsi tombol (power) pada alat elektronik itu. Ia jadi sama saja dengan tombol (power) pada tv di rumah tujuannya sama yaitu menyambung-kan arus listrik pada benda tersebut, oke untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah sobat!
cara menghidupkan radar
"Gambar Radar"
Oke jadi pada  gambar diatas sobat kita bisa melihat sendiri tombol power-nya radar itu berada di bagian kanan bawah, seperti yang saya lingkar diatas, cukup tekan tombol tersebut sekitar tiga detik, akan muncul tampilan di layar seperti berikut:
cara mengoperasikan radar
"Gambar stand by Radar"
Jadi kalau sudah ada tampilan kayak di atas sobat, yang harus di perhatikan itu ialah angka yang berkedip-kedip di sudut kanan atas sekitar 20 detik, dan sobat harus menunggunya sampai angka tersebut habis dan berganti dengan tulisan ST BY, seperti yang saya  di atas sobat.

Nah kalau sudah ada tulisan ST BY seperti diatas, silahkan sobat tekan tombol ST BY satu kali di sebelah kanan layar, atau perhatikan tombol yang saya lingkar pada gambar berikut sobat,

gambar stand by pada radar
"Gambar tombol stand by Radar"
Oke kalau sudah di tekan akan muncul layar seperti berikut sobat: 
layar radar
"Gambar Layar Radar"

Oke kalau sudah muncul gambar seperti diatas, berarti sobat sudah berhasil menghidupkan radar tersebut, dan sobat sudah dapat melihat benda-benda yang di deteksi oleh radar, dan semuanya akan tertera pada layar. 

Oke saya rasa cara menghidupkan radar sobat sudah cukup mengerti, jadi cukup sampai di sini dulu mudah-mudahan apa yang sempat saya uraikan di sini ada manfaatnya buat sobat-sobat pelaut sejati, dan sampai jumpa di artikel berikutnya yang tentunya masih membahas tentang pengoperasian radar yaitu fungsi  tombol BRILL DAN RANGE pada radar.
Terima kasih
OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter