-->

Cara Mengoprasikan Kemudi Auto


cara mengoperasikan kemudi
''Ganbar Kemudi Auto''


Cara Mengoprasikan Kemudi Auto Dengan Mengikuti Haluan Di GPS



Hallo sobat ketemu lagi kita, kali ini kita akan membahas Cara Mengoprasikan Kemudi Auto Dengan Mengikuti Haluan Di GPS, tentu sobat sudah mengerti kan apa itu kemudi auto dan manual? Kalau sobat belum terlalu mengerti apa itu kemudi auto dan kemudi manual ada baiknya sobat membaca dulu artikel yang membahas tentang kemudi manual dan kemudi auto dan cara menukar posisi kedua kemudi tersebut, klik aja link berikut yaitu Cara Memindahkan Kemudi Dari ManualKe Auto dan Cara Memindahkan Kemudi Dari Auto Ke Manual.

Kalau kemarin kita sempat membahas tata cara memindahkan kemudi manual ke auto, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana kita akan mengoprasikan kemudi auto dengan mengikuti haluan di GPS. 

Tentu ada langkah-langkah yang sobat harus perhatikan dengan seksama, karena biar ini adalah hal yang mudah tapi jangan di sepele kan sobat karena kita tidak akan pernah bisa melakukan hal yang satu ini tanpa ada bimbingan dari Kapten atau oficer, tapi jangan khawatir sobat, jika sobat malu bertanya sama kapten atau oficer itu tidak jadi masalah, karena kita akan membahasnya lebih mendetail disini.

Langkah – langkah yang sobat harus ikuti ialah:
  • Sobat perhatikan GPS atau lebih detail-nya lihat gambar dibawah,




cara mengoprasikan kemudi
''Gambar GPS''


  • Coba sobat perhatikan dulu arah panah yang ada pada gambar gps diatas, apakah sobat mengerti arah panah tersebut? Apakah arah panah itu ke kiri atau ke kanan? Betul sekali sobat arah panah tersebut mengarah ke kiri, itu artinya haluan kapal kita  sudah meleset ke kiri dari haluan yang sebenarnya.


  • Dan nomor-nomor didalam layar GPS diatas, itu sobat harus kenali terlebih dahulu, tapi santai saja karena kita akan membahasnya satu-persatu 


  • BRG 210; ini adalah haluan yang sebenarnya atau dalam bahasa pelayaran haluan sejati atau haluan yang di ambil dari peta,
  • COG 211; ini adalah haluan yang sedang di kemudi kan, nah di dalam layar GPS diatas di mana BRG 210 dan COG 211 ini artinya kapal kita sudah ke kanan, maka tanda panah tersebut otomatis muncul dalam layar, itu tandanya haluan yang kita kemudi kan sudah meleset 1° ke kanan, jadi kemudi auto harus di putar ke kiri sedikit.
  • Jadi pada saat tanda panah yang ada di dalam gps itu mengarah ke kiri maka kemudi auto harus di putar ke kiri juga dan begitu pun sebaliknya, atau perhatikan gambar di bawah:  


cara mengoperasikan kemudi auto
''Gambar Kemudi Auto''


  • RNG 49.4 nml ini adalah sisa mile yang akan kita tempuh,
  • SOG 8.4 kt  ini adalah speed atau kecepatan kapal,
  • Angka 0,01 itu adalah jarak haluan yang sudah meleset, jadi yang kita kehendaki itu ialah 0.00, kalau angka tersebut sudah 0.00 itu artinya kapal kita sudah berada diatas haluan sejati, atau haluan yang sebenarnya yang ada di peta


Nah kalau sobat sudah mengerti tentang hal diatas maka saya rasa sobat sudah bisa mengoprasika kemudi auto dengan mengikuti haluan di GPS, sebenarnya mengoprasikan kemudi auto itu sangat gampang, kita bisa duduk santai sambil main sms atau main facebook atau pun hal-hal lain yang berkaitan dengan internet, tapi jangan lupa sobat harus berhati-hati akan hal itu, jangan sampai karena enaknya berlayar menggunakan kemudi auto itu malah menghantarkan anda ke pada kesusahan, jadi saya sarankan agar tetap terjaga dan tetap fokus terhadap keadaan sekitar.

Ok sobat terima kasih telah mampir membaca artikel ini semoga apa yang sempat saya uraikan kali ini bisa membatu sobat khususnya bagi pelaut-pelaut sejati yang baru merintis karir sebagai pelaut, dan jangan lupa membaca artikel berikut yaitu Cara Memindahkan Kemudi Auto ke Manual. Terimakasih …… 











       

OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter