-->

Cara melacak kapal menggunakan googel

Cara melacak kapal menggunakan google
Pembahasan kali ini mungkin tidak terlalu berguna buat anda yang sedang bekerja di kapal, namun artikel ini saya tujukan untuk teman-teman yang belum bekerja, dan juga untuk owner kapal. Baik mari kita melanjutkan pembahasan ini.

Daftar topik

1. Keuntungan melacak kapal menggunakan Marine Traffic
  • untuk owner kapal
  • untuk ABK kapal
2. Cara mendaftar di Marine Traffic

1. Keuntungan melacak kapal menggunakan Marine Traffic



a. Untuk owner kapal

Sebenarnya artikel ini terinspirasi dari owner kapal yang kebetulan menemukan blog saya, lalu menelepon-ku di pagi hari. Pertanyaannya cukup singkat namun pertanyaan itulah akhirnya tercipta ide untuk menuliskan artikel ini. 
"Terima kasih ya, Pak! Salam hormat."

Untuk mempermudah pekerjaan anda sebagai owner kapal, anda haruslah patuh pada undang maritime yang berlaku saat ini, dimana mengharuskan bahwa semua kapal yang beroperasi haruslah memiliki alat-alat navigasi yang lengkap.
Sebagai owner kapal, anda wajib untuk melengkapi alat navigasi itu. Ini bertujuan agar anda dapat mengontrol kapal anda sendiri, dan tentu akan mempermudah pekerjaan anda dalam memantau kapal anda.
Untuk memantau kapal anda menggunakan google, terlebih dahulu anda harus memasang alat navigasi AIS (automatic identification sistem)  di atas kapal anda. Dengan tujuan untuk mempermudah anda melihat aktivitas kapal-kapal anda di mana pun anda berada. Yang terpenting juga anda harus memilih perwira yang bisa mengoperasikan AIS dengan benar. Dengan adanya perwira yang cekatan diatas kapal, tentu informasi tentang kapal anda akan selalu up to date alias update, hehe. Perwira yang cekatan tentu akan selalu mengisi informasi pelayarannya setiap sebelum berangkat, dengan menggunakan alat navigasi AIS. Jadi anda harus melihat juga kemampuan perwira anda, supaya anda dapat keuntungan timbal balik.

b. Untuk ABK

Saya bukannya menggurui ya teman-teman, namun saya orang yang terlanjur pintar hahhahaha... bercanda nih, jangan diambil hati  gitu dong.
Fungsi artikel ini buat teman-teman yang belum bekerja, dengan artikel ini saya akan sedikit mengajari bagaimana caranya terhindar dari broker yang tidak bertanggung jawab. Mungkin diantara teman-teman sudah tidak asing lagi penipuan-penipuan yang sering terjadi, wajarlah teman, itu cara mereka cari uang, so anda hanya perlu hati-hati aja.
Cara menghindari broker yang tidak bertanggung jawab itu, ada beberapa hal yang harus anda tanyakan:
1. Nama kapal harus jelas
2. Gaji berapa, ini yang utama ya. hahaha.
3. Operasi di mana

Setelah anda mengetahui nama kapalnya anda bisa melacak melalui google. Kapal yang bisa terlacak dengan google tentu kapal yang sangat uptudate, dan tentu kapal itu memiliki alat navigasi yang standar. Dan tentu memiliki perwira yang pintar dan baik hati, dan yang terakhir mungkin memiliki owner yang tidak pelit pula, hehe. Owner yang patuh dengan aturan kelautan tentu  memiliki royalti terhadap crew juga. Yakin saja. Untuk membuktikan apa yang dari tadi saya celetohkan di sini, mari kita mulai... membahas, pembahasan utama kita.

2. Cara mendaftar di Marine Traffic

  • Kunjungi situs marinetraffic.com, setelahnya monitor anda akan berubah seperti pada gambar berikut
     
  • Setelah anda melihat tampilan seperti diatas silahkan anda klik “Register” lalu monitor laptop/smartphone anda akan berubah seperti berikut
     
  • Silahkan anda pilih yang gratis aja, tapi jika anda punya uang lebih tak mengapa, silahkan anda pilih yang berbayar, apa lagi kalau untuk para owner tentu anda membutuhkan  service yang lebih, maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan opsi yang berbayar. Setelah anda menentukan pilihan. Lalu mengklik sesuai pilihan anda, layar anda akan berubah seperti pada gambar berikut 
  • Isikan data sesuai data pribadi anda. Jangan lupa bagian yang saya beri tanda panah itu di pilih sesuai dengan kebutuhan ada, Lalu klik “Register here”  proses registrasi pun sudah selesai, dan anda akan mendapatkan sebuah email dari marine traffic. Silahkan buka akun email anda, lalu verifikasi pendaftaran anda. Biasanya email masuk itu bentuk nya seperti pada gambar berikut
     
  • Setelah anda mengklik link verifikasi itu anda akan langsung di arahkan menuju menu utama dari situs marine traffic. Atau gambarnya kan seperti berikut 
  • Untuk melacak kapal yang ada dalam benak, tinggal tuliskan nama kapal itu di kotak pencarian yang ada di sebelah kanan atas situs marine traffic, atau perhatikan gambar yang saya lingkari berikut 
  • Setelah anda mengklik kapal yang anda kehendaki, layar akan berubah seperti berikut
     
  • Karena tadi saya melacak kapal kargo Deltic Dolphin maka layar monitor saya seperti pada gambar diatas. Anda tentu dapat melihat bahwa kapal yang saya lacak ini, meskipun ia kecil namun informasinya sangat uptudate. Tentu anda bisa melihat  bahwa informasinya di bagian sebelah kiri itu sangat jelas.

Kesimpulan 
  1. Dengan situs ini atau situs marine traffice, owner akan lebih mudah memantau kapal miliknya, dan 
  2. Calon ABK pun akan bisa berhati-hati memilih broker, yang mungkin saja menjanjikan kapal yang sangat bagus namun pada kenyataannya payah... ehhhhhhhg...  hehe.  
Ok Terma kasih banyak telah membaca sampai akhir, dan semoga bermanfaat.


OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter