-->

Persyaratan Pengambilan Rating Dek atau Mesin


Kalau kemarin kita membahas tentang sertifikat wajib untuk Rating, "Rating Forming Part of An Engine Watch (RFEW) / (ATT-D) dan Rating Forming Part of An Navigation Watch (RFNW) / (ANT-D)" .

Nah sekarang kita akan membahas tentang Rating-nya sendiri, sobat sudah baca bukan tentang Persyaratan Pengambilan Sertifikat SAT dan Persyaratan Pengambilan Sertifikat AFF. Bagi yang belum baca silahkan klik link berikut Persyaratan pengambilan sertifikat AFF

Kedua sertifikat tersebut adalah bagian dari pada persyaratan pengambilan sertifikat Rating. Sertifikat Rating (Rating Forming Part of An Engine Watch (RFEW) / (ATT-D) dan Rating Forming Part of An Navigation Watch (RFNW) / (ANT-D)" ).

Dengan updetin 2014 maka ANT-D berubah nama menjadi Rating. Sebenarnya sama saja, kalau mengenai arti dari Rating berarti dasar, awal, atau pemula. Sedangkan arti daripada ANT-D / ATT-D adalah Ahli Nautika Tingkat Dasar atau / Ahli Teknik Tingkat Dasar, yang tentunya juga berarti dasar, pemula, atau awal juga. 



Kalau mengenai ANT-D atau ATT-D itu tidak dikenal untuk seluruh dunia sobat, makanya diubah menjadi Rating, Dikarenakan Rating itu adalah bahasa Inggris dari Dasar, otomatis seluruh dunia akan paham atau mengerti ijazah (sertifikat) apa yang sebenarnya kita miliki.

Saya rasa sekilas tentang pendapat saya mengenai Rating, sudah paham-lah kan, maka dari itu mari kita melangkah ke pembahasan utama kita yaitu persyaratan pengambilan sertifikat Rating di Pertamina Maritime Training Center Jakarta. 

Persyaratan:

Photo copy:
  1. Bst, 
  2. SAT, 
  3. AFF, 
  4. BUKU PELAUT (dengan masa layar minimal 6 bulan yang disahkan oleh Syah Bandar), 
  5. Akte Kelahiran, 
  6. Ijazah terakhir,
  7. KTP.
Jangan lupa membawa aslinya semua, karena pada saat pemeriksaan berkas, akan dichek juga.

Pembayaran 

  • Urus sendiri sekitar Rp 3.500.000  3.200.000 (angka bisa berubah dari waktu ke waktu).

Cara urus sendiri

  1. Datang langsung ke Pertamina Maritime Training Center, 
  2. Terus menuju loket pendaftaran, 
  3. Lalu ke loket pengambilan map, 
  4. Setelahnya cek kesehatan, 
  5. Lengkapi berkas, 
  6. Kemudian submit berkas di tempat pendaftaran, 
  7. Setelah itu, bayar kwitansi-nya di loket pembayaran,
  8. Terakhir, tunggu kapan duduknya (sesuai yang tertera di kwitansi) kalau masih lama silahkan pulang dulu atau nikmati hidup dulu di Jakarta, hehehe. 



Ok terimakasih semoga apa yang sempat saya tulis di sini ada manfaatnya, kalau pun ada yang kurang atau ada yang salah ketik saya mohon maaf sebesar-besarnya. Wassalamu Alaikum Warahmatullah Wabarakathu.
OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter