-->

cara memasukkan data waypoint kedalm GPS


Cara Memasukkan Data Waypoint Ke Dalam GPS

cara mengoprasikan GPS
"gambar GPS"
Pembahasan kali ini ialah cara memasukkan data way point kedalam GPS dan tentunya ini masih cara mengoperasikan gps furuno diatas kapal, tentu kemarin sudah mahir bukan pengertian gps dan fungsi tombol-tombol GPS, tapi kalau belum sobat bisa merujuk kembali apa itu gps dengan mengklik link berikut cara maengoperaikan gps furuno  

Sobat-sobat pelaut yang baik hatinya jumpa lagi dengan saya abang Sabri yang tentunya bukan orang pintar tapi tidak pelit untuk berabagi ilmu yang saya ketahui, bukan apa sobat mengapa kita penting untuk berbagi ilmu, menurut agama ilmu yang telah sobat ajarkan kepada orang lain ia akan menolong sobat kelak di akhirat, dan didunia. Hehehhehe jadi ustaski lagi dededdedede.
Oyah sobat lanjut aja yah kita fokus dulu pada bagian yang pertama yaitu menentukan garis haluan yang tentunya sobat sudah mengerti bukan, tidak boleh bilang apa itu garis haluan lagi, masa pelaut tidak tau apa itu way point apa itu garis haluan, tapi klau sobat masih bingun silahkan kembali dulu ke pembahasan yang sudah lama, yaitu Apa Itu Waypoint

Ok saya rasa sobat sudah membaca artikel yang saya rekomendasikan diatas jadi mari kita lanjut aja. pertama coba sobat perhatikan gambar dibawah: 

cara membuat way point
"gambar membuat way point"
Nah itu dia sobat saya lagi memulai membuat passage plan atau daftar list way point, yang akan kami tempuh. Sebelum berlayar kita harus menyiapkan semua, mulai dari lis way poit sampai memasukkan data ke dalam GPS, dan sampai gps outomatis membawa kita menuju tempat tujuan, tapi jangan khawatir sobat kita akan mempelajari semuanya dari tahap ketahap,, sebenarnya ini sudah saya postingkan di tahap awal sobat tapi karena banyak sobat2 yang meminta secara detail maka saya pun harus memenuhi permintaan teman2, supaya pelaut indonesia itu menjadi pelaut yang handal dan pintar tentunya, mengoperasikan alat-alat navigasi yang ada di atas kapal.
Oke sobat saya pikir sobat sudah selesai membuat list waypointnya, owww belum toh, ko sobat lambat juga saya sudah selesai ni  sobat, hehehheeheh.

contoh daftar waypoint
"gambar list waypoint"
Nah kalau sobat sudah membuat daftar waypoit seperti diatas, itu artinya sudah siap untuk di masukkan kedalam GPS 
Oke tahap pertama silahkan sobat tekan menu pada tombol GPS lau pilih waypoint lalu pilih new waypoint, atau perhatikan gambar dibawah sobat: 
cara mengoperasikan GPS
"gambar gps"
Nah kalau sudah muncul gambar seperti diatas sobat, silahkan tekan enter atau tombol (ENT), dan akan muncul layar seperti berikut: 

cara memasukkan data waypoint ke dalam gps
"gambar GPS"
Nah kalau sudah ada layar seperti diatas sobat silahkan di enter lagi, janagn lupa tanda yang bewarna hitam itu pada posisi new, soalnya kalau tidak bisa-bisa yang ada didalam sana jadi rusak, nati kaptennya marah loh sobat, jadi berhati-hati yah.

cara menggunakan gps furuno
"gambar GPS"

Nah kalau sudah ada layar seperti diatas sobat silahkan masukkan nama yan bisa sobat kenali, supaya nanti kalau mau di masukkan dalam route mudah sobat, dan cara menulis namanya silahkan gunakan tombol gulir arah bawah atas, jika sudah selesai silahkan di enter. dan akan muncul layar seperti berikut: 
pengoperasian GPS
"gambar GPS"
Nah kalau sudah ada layar seperti diatas sobat silahkan masukkan data way ponit tadi yang sudah sobat sediakan dari awal, cara pengisiannya masih sama seperti diatas tetap menggunakan tombol gulir, 
catatan: Masukkan data satu persatu, jangan lupa namanya sobat yang pendek aja kalau misalnya kita akan belayar menempuh waypoint sebanyak 50 waypoint atau lebih. Maka sebaiknya di kasi nama yang ringkas aja sesuai dengan tujuan kita miisalnya indonesia ke vietnan maka di kasi nama Ind 1 sampai Ind 50 jadi pada saat nanti kita mengatur data di routes  jadi senang, OK sobat.

Oke sobat saya rasa sobat sudah cukup mengerti dengan pembahasan kita kali ini, maka jangan lupa di sherr yah sobat, supaya kita bisa belajar bersama, sebagai pelaut yang handal ilmu itu penting sobat, maka dari itu jangan pernah berhenti untuk selalu berbagi ilmu, meski pun itu hanya di media sosial asal ikhlas kita pasti dapat amalnya ko sobat, dan kita juga akan dapat banyak hidaya dari tuhan yang bisa kita nikmati di dunia.. ok sobat jangan pernah lupa kalau mau belajar cara benavigasi diatas kapal  saobat jangan malu bertanya sama om google, di sana ada segudang ilmu yang sudah kita sediakan untuk di jadikan bahan pembelajaran khususnya bagi pelaut indonesia, oke sobat sampai jumpa di artikel berikutnya  Cara Membuat Sebuah Route di GPS. dan sampai jumpa assalamualiku warahmatullahi wabarakathu,

OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter