-->

PANDUAN UNTUK UPDATING SERTIFIKAT RATING KE ABLE


Haii... ketemu lagi dengan M.r Sabri yang ganteng dan baik hati hehhehehh.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang:
  1.  Apa itu ABLE,
  2.  Seputar tentang updating sertifikat ANT-D /ATT-D, 
  3. Tujuan updetin sertifikat ANT-D /ATT-D, 
  4. Pentingnya  updating sertifikat ANT-D / ATT-D, dan 
  5. Persyartan updating sertifikat ANT-D / ATT-D

Baik, mari kita membahas satu persatu daftar topik itu, dan tentunya dengan menurut informasi yang saya dapatkan dari berbagai narasumber yang bisa dipercaya. Namun, tidak menutup kemungkinan ada yang salah juga, jadi kalau misalnya ada yang salah, saya berharap agar menghubungi saya, ok?

1. Apa itu ABLE?

Sebelum kita membahas tentang updating sertifikat ANT-D / ATT-D ke ABLE, pertama-tama saya ingin memberikan sedikit pencerahan tentang apa sebenarnya itu ABLE.

Baik, jadi menurut pendapat saya, pelaut yang memiliki sertifikat ABLE, bisa dibilang pelaut yang layak untuk memegang jabatan sebagai juru mudi. 

Jadi bagi pelaut pemula atau pelaut yang baru memiliki sertifikat Rating, wajib untuk memiliki sertifikat ABLE jika masa layar sudah mencapai satu atau dua tahun. 

Dan bagi yang sekarang ini sedang memiliki sertifikat ANT-D/ATT-D dan belum sempat untuk mengambil ijazah ANT V /ATT V, maka pun wajib untuk mengikuti pemutakhiran, jika ingin menjadi juru mudi for ocean going. 

Bagi pelaut yang memiliki sertifikat ABLE pasti lebih besar peluangnya menjadi juru mudi untuk kapal luar negri.


2. Seputar tentang updating sertifikat ANT-D / ATT-D

Sebenarnya artikel ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para penggemar Trikmudah Bernavigasi, yang kerap kali mengajukan pertanyaan mengenai tentang updating sertifikat ANT-D / ATT-D. 

Maka dari itu, saya merasa terpanggil untuk mencari tau apa sebenarnya itu updating, dan dan mengapa harus updeting? 

Buat teman-teman yang pernah bertanya terima kasih banyak, kalau ada yang perlu saya bantu silahkan menghubungi saya, dan insya Allah akan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan saya.

Berbicara tentang updating, kalau dibahasaindonsiakan berarti memperbaharui. 

Nah, kalau berbicara tentang memperbaharui pula, itu sudah pasti sesuatu yang akan expired, atau sudah hampir habis masa berlakunya.

Nah kalau sertifikat yang harus diperbaharui atau di-update, berarti sertifikat itu akan expired, atau masa berlakunya akan segera habis. Jadi bagi teman-teman sekalian, yang memiliki sertifikat yang hampir expired, perlu adanya tindakan untuk memperbaharuinya.


3. Tujuan updatin sertifikat ANT-D / ATT-D

Tujuan dari updating ialah agar para pelaut Indonesia memiliki sertifikat sesuai dengan aturan yang berlaku menurut IMO (International Maritime Oraganization).

Maka dari itu, para pelaut yang khususnya memiliki sertifikat ANT-D / ATT-D, sudah diharuskan untuk updating, supaya sertifikat tetap dalam standar IMO.

Saya pun tidak mengerti mengapa sertifikat pelaut itu harus di-update secara berkala, dan ada apa sebenarnya? 

Kalau dipikir-pikir secara emosional tentu kita akan mendapatkan jawaban yang tidak sewajarnya, bukan? 

Apdeeeet mulu. Gaji?

Namun, satu hal yang harus kita sadari, bahwa pelaut di dunia ini sebenarnya satu naungan, maka dari itu sertifikat pelaut di seluruh dunia harus pula disetarakan sesuai IMO. Dan itulah sebabnya kita wajib mengikuti aturan tersebut.

Menurut isu dari salah satu dosen yang pernah memberikan bimbingan di kelas saat duduk di STIP Marunda, untuk pengambilan sertifikat SCRB--baru-baru ini--ada yang sempat bertanya kepada beliau, “Apa sebenarnya yang harus kita lakukan agar pelaut Indonesia bisa berjaya untuk ke depannya?”


Beliau menjawab, “Bahwa dunia maritime saat ini sedang dalam masa pembenahan, khususnya di Indonesia, bahwa untuk menjayakan para pelautnya, yang pertama harus dibenahi adalah sertifikatnya, kemudian akan menyusul gajinya. 

Karena ke depannya Indonesia akan memaksa para owner perkapalan untuk menstandarkan gaji ABK-nya, dan dengan syarat sertifikat ABK itu harus sesuai aturan yang berlaku juga.”


Anehnya ini baru isu, dan ya, saya banyak menaruh harapan supaya ini menjadi kenyataan. Amin....

Jadi sudah jelas bahwa bagi sobat yang sekarang ini, memiliki sertifikat yang hampir expired, agar segera memperbaharuinya.

“Menurut kabar yang beredar, bahwa sertifikat ANT-D /ATT-D yang anda miliki sekarang ini, akan segera expired. Dan itu harus di-Update, jangan sampai sertifikat hangus, dan jika sampai hangus, sobat akan sangat menyesal. Karena untuk tetap jadi pelaut, harus mengambil ulang sertifikat Rating.”

4. Pentingnya updating sertifikat ANT-D / ATT-D

Updating sertifikat ANT-D / ATT-D atau mungkin akan lebih jelas kalau saya bilang pemutakhiran dari ANT-D / ATT-D ke ABLE. 

Bagi sobat yang memiliki sertifikat ANT-D / ATT-D saat ini perlu melakukan pemutakhiran, karena, saat ini diberikan fasilitas untuk memiliki sertifikat ABLE dengan lebih murah dan mudah.

Jadi untuk pelaut yang memiliki sertifikat ANT-D / NTT-D hanya perlu membayar sekitar 900 ribu untuk melakukan pemutakhiran (2019), sedangkan bagi pelaut yang memiliki sertifikat Rating saat ini, mereka harus menunggu selama satu tahun terlebih dahulu dari tanggal keluarnya sertifikat Rating itu, dan tentu pembayarannya pun akan lebih mahal.

5. Persyaratan untuk updating dari ANT-D /ATT-D ke ABEL

Untuk melakukan pemutakhiran, perlu memiliki sertifikat penunjang yang masih berlaku, seperti berikut:

a.       BST,

b.      AFF,

c.       MFA,

d.      SAT,

e.      SDSD dan,

f.        SCRB.



      Jadi sebelum melakukan pemutakhiran, perlu menyediakan sertifikat-sertifikat di atas, dengan catatan, sertifikat yang belum di-revalidasi, agar di-revalidasi terlebih dahulu. 

Oh iya, cukup sampai di sini dulu, semoga apa yang sempat saya uraikan dapat membantu teman-teman. 

Kalau pun ada yang kurang atau kurang jelas bisa menghubungi saya di contak.

 Selebihnya saya ucapakan wabillahi taufik walhidayah wassalamu alauikum.




OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter